16 August 2013

Benjolan di payudara anak

Hari ini aku dapat beberapa kasus yg menurutku aneh, cz belum pernah aku jumpai waktu koas dl…mgkn beberapa ts pernah mendapatkannya..
Sore tadi, datang pasien perempuan kelas 3 SD dengan keluhan terdapat benjolan di payudara kanannya, keluhan ini di rasakannya sejak kelas 1 SD (wuih dan hampir 3 tahun rupanya…), OS tsb baru bercerita kepada OrTunya kmaren, jadi hari ini barulah datang ke klinik…
Curiga saya tumor dan berencana ingin sy rujuk ke dsOG, tp sebelumnya gak da salahnya konsultasi ma ts senior sy (pikir sy) dan setelah di periksa ternyata di biarin sj..hehe.
Karena bingung dan penasaran, akhirnya sy mencoba mencari bukti ilmiahnya…lagian ilmu kedokteran kan long life education..hehe.
Singkat cerita, benjolan pada payudara baik keseluruhan atau putingnya saja pada anak perempuan di bawah usia 8 tahun merupakan gejala pubertas dini atau prematur telarche (pembesaran payudara dini).
Hal ini dikarenakan beberapa hal berkaitan dengan respon atau rangsangan hormon estrogen. Dalam perkembangannya, benjolan tersebut dapat menjadi:
  1. Beberapa kasus ada yg dapat regresi (mengecil kembali sperti semula).
  2. Ada juga yang menetap
  3. Ada yg berlanjut menjadi pubertas dini
Dari ketiga kemungkinan tersebut diatas, hanya yg ke 3 yang membutuhkan pengobatan.
Jadi bila anak perempuan anda mengalami hal demikian, maka alangkah baiknya jika di periksakan langsung ke dokter spesialis anak ahli endokrinologi.
Salam.. :)

No comments: