14 February 2009

Melepaskan ego

Tahukah Anda apa makna Qurban bagi diri Anda?
Anda mendapat peghargaan dan penerimaan serta pemberian yang tulus dari teman Anda bagaimana rasanya? Senang, berbunga-bunga, rasanya berjalan diatas angin..iya kah?
Seperti itulah saat Anda sedang berqurban, dengan berkurban berarti Anda ikhlas mengorbankan keegoan Anda untuk orang lain.
Bayangkan Anda membawa kentang dalam keranjang seberat 5 kg selama 5 hari tanpa henti bagaimana rasanya? Anda capek, anda pegal, itulah disaat kita hanya membawa keegoan kita..kita tidak mendapat kebahagiaan dan kesenangan malah Anda hanya mendapat kecapekan dan kebosanan. Lain halnya sewaktu Anda memberikan satu persatu kentang itu kepada orang yang membutuhkan.. Mereka akan sangat berterima kasih kepada Anda dan Anda akan tersenyum dengan sangat indahnya..
Itulah makna kurban sama halnya dengan melepaskan ego kita..
Ingatkah Anda sejarah kurban? Nabi Ibrahim as di suruh menyembelih anak nya..bagai mana jika Anda di posisi Nabi Ibrahim? Saya dan Anda pasti susah baget merelakan anak kita disembelih..kita diperintah untuk bersedekah saja susah..apalagi menyembelih anak..huff Subhanallah itu merupakan ujian yang berat.. Maka dengan berkurban layaknya kita menyembelih ego kita masing-masing..:-)

No comments: