14 February 2009

Sabar

Menjalani hidup itu memang harus sabar, sabar dalam menjalankan agama Islam, sabar dalam beribadah, sabar dalam melakukan kebaikan, sabar dalam mensyukuri nikmat Allah, sabar dalam menghadapi hal-hal yang sulit, sabar dalam mendapat hal-hal yang kurang diinginkan, sabar dalam segala hal. Allah telah menyebutkan Sendiri dalam Firman-Nya bahwa jika kita bersabar maka dapat mengalahkan musuh yang jumlahnya 2 kali lipat dibanding kita. Itu sudah merupakan sunatullah, artinya dengan sabar kita menjadi manusia super atau manusia yang Luar Biasa!
Sabar bukanlah tindakan pasif hanya menerima suatu keadaan apa adanya dan memendam kepasrahan dalam hati, baik berupa ketidaksukaan maupun kekesalan. Tapi sabar merupakan tindakan aktif dimana kita menyatukan mind, soul dan hati menjadi satu kesatuan untuk menerima keadaan dan kita dapat mengambil hikmahnya (positifnya), dan kta masih dapat berpikir positif untuk membuat keadaan kita menjadi lebih baik. Sabar juga mencerminkan keteguhan hati keistiqomahan spitirual kita dalam menjalankan agam Islam.
Nabi Muhammad saw bersabda bahwa setiap perkara orang mukmin itu baik jika mendapat kesenangan dya bersyukur jika mendapat musibah dia bersabar, sedangkan dalam keduanya ada kebaikan.
Rasul saw sudah megetahui dari dulu bahwa roda dunia ini berputar kadang kita dalam kesenangan kadang kita dalam kesusahan, maka beliau saw memberikan kita kunci untuk menjadi pribadi yang sempurna.
Maka oleh karen itu saya mengajak diri saya dan saya juga mengajak Anda, marilah kita tingkatkan kesabaran kita dalam berbagai hal sehingga kita dapat mencapai derajat yang sempurna sebagai manusia baik dalam dunia maupun di akhirat nanti, amiin.

No comments: