08 August 2019

doa mudah urusan

Ada sebuah doa yang bagus, yang dapat kita panjatkan, mencontoh kepada putri nabi sholallahu alaihi wasallam sayyidah fatimah rodiallahu anha:
“Apa yang menghalangimu untuk mendengar wasiatku atau yang kuingatkan padamu setiap pagi dan petang yaitu ucapkanlah:
يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا
“Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin abadan
Artinya: Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dari-Mu selamanya].”
(HR. Ibnu As Sunni dalam ‘Amal Al-Yaum wa Al-Lailah no. 46, An-Nasa’i dalam Al-Kubra 381: 570, Al-Bazzar dalam musnadnya 4/ 25/ 3107, Al-Hakim 1: 545.)
Sepatutnya kita membutuhkan Pertolongan Allah dalam setiap hajat dan kebutuhan, sebagaimana Abdullah bin Mas’ud r.a. menuturkan, bahwasanya Rasulullah Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa salam telah berkata:
“Orang yang tertimpa kesusahan lalu ia memikulkan kesusahannya itu kepada orang lain, kesusahannya tidak akan teratasi. Sedang­kan orang yang tertimpa kesusahan lalu menyerahkan kesusahannya itu kepada Allah, maka cepat atau lambat Allah tentu akan membu­kakan pintu rezeki baginya.”
(Diriwayatkan oleh Abu Dawud, Tur­mudzi, dan Al-Hakim).

No comments: